Kamis, 23 Februari 2017

9 hal yang harus kamu perhatikan saat memilih jurusan kuliah

Tak terasa, hari telah berganti, minggu-minggu telah terlewati, tahun tlah dilalui kini saatnya menuju lembaran baru. masa-masa indah SMA akan segera berakhir. rasanya seperti mimpi. kemari, baru saja rasanya kita melakukan masa orientasi dan sekarang harus telah saatnya saja untuk berpisah kembali. sungguh masa yang sangat singkat nan indah.
Mungkin begitulah ungkapan kalian yang sekarang duduk dibangku kelas tiga SMA/SMK. hal serupapun pernah saya alami, saat masa-masa SMA adalah masa paling indah dalam hidup yang pernah saya lalu. sekarang kita harus menerima kenyataan bahwa mau tidak mau kita harus melanjutkan hidup kita setelah tiga tahun hidup kita berstatus siswa SMA. saatnya lah untuk kita
memulai hal yang baru salah satunya menjadi seorang mahasiswa. tapi bentar lagi ujian! temen-temen masih bingung untuk menentukan kuliah dimana? di universitas apa? dan yang paling penting adalah di jurusan apa temen-temen akan kuliah. menentukan jurusan kuliah mungkin bagi sebagian orang adalah hal yang sangat membuat dilema besar-besaran. termasuk bagi saya dulu sebelum akhirnya saya menentukan memilih jurusan teknik informatika di Universitas Amikom Yogyakarta.

Oke seperti yang telah saya bilang, kali ini saya akan memberikan teman-teman 9 hal yang harus kamu perhatikan saat memilih jurusan kuliah. yuk simak ulasannya yang telah saya kutip dari beberapa artikel.

1. Jangan Ikut-ikutan
Hal paling mainstream saat memilih jurusan kuliah adalah ikut-ikutan teman. Kenapa saya tidak menyarankan ini? Karena kuliah itu bukan seperti SMA lagi, kuliah itu sangat menentukan masa depan anda. Jika anda ikut-ikutan dalam memilih jurusan kuliah, belum tentu kemampuan anda dan teman anda sama, hasilnya juga akan berbeda kedepannya. Selain itu, ikut-ikutan tidak akan membawa anda maju kedepan, karena yang dibutuhkan untuk bisa maju dan sukses adalah yakin untuk menentukan langkah kita sendiri. Untuk itu, jangan ikut-ikutan saat memilih jurusan kuliah.


2. Jangan Memilih Jurusan Karena Terpaksa
Selain ikut-ikutan, jangan memilih jurusan karena terpaksa. Karena hidup yang diselimuti oleh keterpaksaan akan membuat hidup anda tidak bahagia. Mungkin rasa terpaksa ini pernah anda rasakan saat masih di sekolah, seperti terpaksa bangun pagi, terpaksa buat PR dsb, tentu saja rasanya gak enak bukan? Sekarang coba bayangkan anda kuliah secara terpaksa dan bekerja secara terpaksa. Tentu itu akan cepat membuat anda mudah lelah dan stres, apalagi hal tersebut dilakukan dalam jangka waktu panjang. Untuk itu pilihlah jurusan yang memang anda minati.  


3. Jangan Memilih Jurusan Karena Iseng/Coba-coba
Kuliah itu merupakan salah satu bentuk investasi untuk hidup anda di masa depan, dan untuk berinvestasi tidak membutuhkan dana yang sedikit. Maka dari itu, pikirkanlah matang-matang bagaimana anda ingin menginvestasikan diri anda kedepannya agar uang dan waktu anda tidak terbuang sia-sia.


4. Temukan Minat dan Bakat Lalu Sesuaikan
Memilih jurusan kuliah identik dengan minat dan bakat, makanya banyak murid yang mengikuti tes minat dan bakat sebelum memilih jurusan kuliah. Menemukan minat dan bakat akan sangat membantu untuk anda saat kuliah nanti. Minat akan membantu anda untuk tetap semangat dalam berkuliah, sedangkan bakat akan mempermudah anda dalam kegiatan belajar di perkuliahan. Namun kadang minat dan bakat tidak berjalan searah, jadi perlu disesuaikan.

5. Konsultasi dengan Orang Tua
Berkonsultasi tentang jurusan kuliah dengan orang tua sangatlah penting, karena orang tua itu pernah mengalami masa perkuliahan dan masa bekerja. Kadang orang tua menyarankan kita untuk memilih jurusan yang kurang sesuai minat atau bakat kita, disitulah gunanya berdiskusi. Selain saling bertukar pikiran, berdiskusi dengan orang tua juga akan menghindari anda dari kuliah secara terpaksa. Curhat sedikit, dulu awalnya gue ingin kuliah di jurusan psikologi, cuman gara-gara berdiskusi dengan orang tua, akhirnya karna orangtua menilai bahwa saya lebih suka hal yang berbau teknologi seperti IT maka saya memutuskan untuk kuliah di Teknik Informatika Universitas Amikom Yogyakarta. Walaupun saya kurang ahli dalam bidang tersebut, tapi setidaknya saya tidak merasa terpaksa.


6. Kenali Lebih Jauh Jurusan yang Akan Dipilih
Seperti cinta, kenali terlebih dahulu baru pacaran. Jadi sama halnya dalam memilih jurusan kuliah, kenali dan cari tahu tentang jurusan yang anda minati dulu, setelah itu baru anda memilih. Apakah jurusan tersebut membuat anda tertarik? Apakah sudah cocok dengan anda atau belum?. caranya mungkin anda bisa mencari tahu kepada kakak angkatan anda atau teman anda atau saudara anda yang telah kuliah lebih dulu di jurusan yang anda inginkan tersebut bahwa matakuliah apa saja yang akan di ajarkan dan sebagainya.


7. Jangan Mengutamakan Uang
Rata-rata orang cenderung memilih jurusan kuliah karena prospek kedepannya saja, apakah jurusan kuliah itu akan menghasilkan uang yang banyak atau tidak, tanpa melihat kemampuan dirinya sendiri.
Bagaimana kalau saya bilang, prospek anda kedepannya itu bergantung dari diri anda sendiri, bukan dari jurusan yang anda pilih. Misalkan, kata orang jurusan A itu prospeknya bagus kedepannya daripada jurusan B. Tapi kalau anda rajin dan tekun kuliah di jurusan B, prospek kerja anda pasti bisa lebih bagus dari jurusan A yang seperti dikata orang.
Bagaimana? Masih belum yakin kalau prospek itu tidak ditentukan oleh jurusan kuliah? Bagaimana kalau saya bilang lagi, ada orang-orang yang sukses dan kaya raya walaupun gak kuliah (tapi jangan sampai ya terinspirasi untuk berhenti atau tidak kuliah). Sebenarnya, banyak cara untuk mendapatkan uang, yang penting itu anda menikmati dan senang saat mencarinya.


8. Kalau Bisa Pilih Jurusan Kuliah yang Sesuai Cita-cita
Memilih jurusan sesuai cita-cita tentu akan lebih memotivasi anda untuk serius dan semangat kuliah. Hal ini akan membantu anda untuk bisa lebih maju kedepan, dibandingkan dengan kuliah di jurusan yang tidak sesuai cita-cita anda. Tapi, mungkin saja ada situasi dimana anda tidak bisa kuliah sesuai cita-cita anda, maka dari itu pilih jurusan yang masih anda minati dan kalau bisa ada hubungannya dengan cita-cita anda.

9. Pilihan Alternatif
Dalam memilih jurusan kuliah jangan hanya berpatok dengan satu pilihan saja (kecuali anda memang yakin pasti mendapatkannya), melainkan harus ada beberapa pilihan alternatif, yang penting masih anda minati. Karena untuk bisa masuk di universitas dan jurusan yang anda inginkan, khususnya di Indonesia, gak mudah dan banyak saingannya. Jadi kalau pilihan pertama tidak berhasil anda gak akan kebingungan, karena masih ada pilihan alternatif lainnya.




sejatinya jurusan kuliah tidak akan menjamin anda kepada kesuksesan, mungkin lebih kepada mempermudah jalan anda pada pintu kesuksesan. tapi apa jadinya jika jurusan yang kita pilih, yang harusnya membawa kita pada jalan suksen namun malah membuat kita tidak nyaman dalam menjalani masa sebagai mahasiswa. mungkin itu yang bisa saya bagikan pada teman teman yang akan berijazah SMA. tetap semangat dan semoga hasil UN teman-teman bisa memuaskan bagi teman-teman dan keluarga. amiien..







 Sumber:
agungadhyaksa.blogspot.co.id/2015/05/9-tips-memilih-jurusan-kuliah-yang-tepat
www.hotcourses.co.id/study-abroad-info/university-applications
www.ayeey.com/2013/10/
www.zenius.net


Tidak ada komentar:

Posting Komentar