Kamis, 23 Februari 2017

14 masakan yang bisa kamu ciptakan dengan rice cooker anak kosan.


Stop jajan diluar, kamu harus lebih pintar dalam menggunakan teknologi canggih anak kosan, rice cooker andalanmu dapat menjawab semua ini.

Tanggal tua seperti ini anak kos harus lebih prihatin. Sebab uang kiriman dari orang tua makin menipis, tapi kebutuhan perut harus tetap terpenuhi. Jangan sampai deh niatan mau prihatin malah tiap hari makan mie instan terus yang cukup berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi terus menerus. Satu-satunya cara untuk menekan biaya pengeluaran tentunya adalah stop jajan diluar dan masak di kos.

Tetapi bagaimana jika di kos ternyata tidak ada dapurnya ? tenang, kamu pasti punya rice cooker kan? Terdengar impossible? Tapi ini memang possible.
Selain untuk memasak nasi, ternyata rice cooker bisa buat masak makanan lain yang tidak kalah enaknya loh. Ah masa sih? Tidak percaya? Yuk simak ulasan berikut.

1.       Sarden
Tidak perlu ke aa burjo untuk menikmati menu yang satu ini, lauk simple ini sangat mudah kalau kamu mau coba bikin sendiri. Caranya sangat sederhana, pertama kamu olesi dulu permukaan rice cooker dengan mentega, setelah itu masukkan bawang bombay kemudian masukkan juga sarden dan aduk aduk hingga tercampur dan tunggu sampai matang. Lauk sarden ala anak kosan ini sangat mantap jika dihidangkan dengan nasi yang masih mengepul panas ditambah taburan bawang goreng dan makan bareng anak-anak kos lainnya. Murah meriah  dan bikin dompet ceria bukan ?

2.       Telur goreng
Tidak punya teflon tapi pengen makan telur ceplok? Tenang, kamu bisa pakai rice cooker koq. Pertama, kamu olesi rice cooker dengan mentega layaknya kamu mengolesi mentega saat membuat sarden, jangan pakai minyak, bisa cepat rusak rice cooker sobat. Tunggu sampai mentega meleleh dan panas kemudian ceplok deh telurmu di rice cooker. Mantap kan ?

3.       Nasi goreng
Tekan tombol cook, masukkan mentega lalu bawang merah-putih, cabai, nasi, garam, dan penyedap rasa. Langkah terakhir sudah pasti aduk aduk sampai matang deh. Tambahkan sosis sebagai topingnya jika sobat menginginkannya, dan kalau bisa tambahkan juga krupuk pasti lebih mantap!

4.       Risotto
Mau makan masakan italia tapi uang langka ? gampang, coba aja sobat bikin risoto dengan rice cooker sobat. Nasi dengan campuran rempah rempah yang sehat dan penuh nutrisi. Bahannya sangat sederhana, Cuma nasi, mentega, jamur, bawang merah,bawang putih, kaldu ayam, garam, lada hitam, keju dan kacang. Campur aja semuanya di rice cooker seperti memasak nasi goreng. Tidak ribed kan ?

5.       Makaroni keju
Mau makan makaroni keju sepertilayaknya di cafe-cafe tapi tidak punya duit? Tenang, kamu juga bisa bikin ini sendiri di kosan pakai rice cooker. Caranya masukkan makaroni yang sudah di rebus (rebusnya bisa sobat lakukan dengan rice cooker juga) ke dalam rice cooker, campur dengan kaldu ayam, susu dan keju parut, lalu tekan tombol cook deh. Makaroni keju pun siap dihidangkan!

6.       Sup ayam
Sebagai anak kos tentu kita juga harus mengkonsumsi makanan yang sehat. Bikin saja sup ayam menggunakan rice cooker. Caranya sangat mudah, rebus air terlebih dahulu dengan rice cooker, setelah itu masukkan daging ayam, biar lebih cepat dan lebih praktis pakai saja bumbu siap saji yang benyak tersedia di warung depan kos, tunggu sampai ayam matang kemudian masukkan sayuran  dan tunggu sebentar sampai  sayuran layu agar tekstur dan gizi sayuran tidak hilang saat pemanasan yang berlebih. Dan sup ayam ala anak kos pun siap santap bersama teman kos yang lain.

7.       Cake
Siapa bilang mau makan cake harus mahal dan datang ke toko kue ? tapi bikinnya sulit? Kata siapa sulit dan mahal? Kita bisa koq bikin sendiri di kosan menggunakan rice cooker lagi. Caranya cukup siapkan tepung khusus adonan roti, bubuk pemanis, susu dan telur. Setelah itu campur semua bahan di rice cooker, aduk dulu sampai benar benar rata lalu tekan tombol cook. Tunggu sampai matang dan mengembang deh.

8.       Bubur ayam
Yang satu ini lebih gampang lagi, cara masaknya sama persis seperti kita memasak nasi. Hanya saja perbandingan air lebih banyak daripada nasi. Jika memasak nasi kita menggunakan perbandingan beras dan air 1:2, maka kini kita bisa gunakan 1:5. Jangan lupa beri garam dan bumbu agar makin sedap. Setelah matang kita bisa tambahkan sedikit kecap, suwiran ayam, bawang goreng dan kerupuk datasnya. Mantap bukan ?

9.       Kari ayam
Sama seperti halnya kita membuat sup dengan rice cooker dan bumbu instan agar lebih praktis. Pertama rebus dulu air, masukkan bumbu instan kari dan ayamnya, tunggu sampai ayam matang kemudian masukkan sayuran, setelah sayuran layu kari ayam bisa kita hidangkan. Sangat mudah bukan?

10.   Mie instan
Nah yang terakhir ini adalah opsi saat kamu benar-benar kepepet dan Duit di dompet tinggal 3 ribu tapi kamu pengen makan karna laper banget? Terus bagaimana? Lari saja ke warung depan kos dan beli sebungkus mie instan. Masih sisa 500 rupiah dan bisa kamu belikan kerupuk sebagai pelengkap. Setelah itu mie instan bisa langsung kita eksekusi di rice cooker anak kos. Caranya pertama kita rebus air sampai mendidih, masukkan minyak dan mie, jika sobat ingin menambahkan sayuran bisa juga sobat masukkan. tunggu sampai matang, setelah matang bisa kita tiriskan dan campur dengan bumbunya. Mie goreng siap disantap dengan kerupuk!

11.   Semur telur
Nah yang satu ini bisa sobat masak dengan bumbu instan lagi yang terdapat diwarung. Caranya cukup mudah, rebus telur sampai matang dan kupas cangkangnya, ganti air  rebusan telur tadi dengar air bersih yang baru dan rebus sampai air mendidih kemudian tambahkan bumbu instan dan masukkan telur, jika sobat ingin cita rasa yang lebih pedas tinggal masukkan beberapa potong cabai dan tunggu sampai matang. Semur telurpun siap disantap bersama nasi.

12.   Capcay sederhana
Pengen yang tumis tumisan? Bisa koq, sobat bisa mencoba masak capcay di rice cooker juga. Sangat mudah, pertama oleskan mentega pada permukaan rice cooker, masukkan bawang bombay, bawang putih, sayuran dan tambahkan garam, merica, penyedap rasa dan saus tiram agar lebih mantap. Sobat bisa tambahkan sedikit saja air agar sayuran bisa lebih cepat matang. Dan aduk kemudian tunggu sebentar. Capcay pun siap untuk dihidangkan bersama nasi panas

13.   Spagethi
Ingin makan ala cafe-cafe lagi seperti spagethi tapi duit sedang krisis? Gampang banget, sobat hanya perlu pasta spagethi dan saus bolognise yang tersedia di minimarket terdekat, harganya juga masih terjangkau dan bisa untuk beberapa porsi. Caranya, rebus air sampai mendidih, masukkan sedikit minyak atau mentega dan masukkan spagethi tunggu sampai spagethi matang dan kemudian tiriskan. Bersihkan rice cooker kemudian masak saus bolognise sebentar di rice cooker dan saus bolognise bisa kita letakkan diatas spagethi tersebut. Gampang bukan ?

14.   Pudding atau agar-agar
Ingin makan manis? Atau setelah makan sobat pengen makanan penutup? Gampang, selain murah dan mudah bikin puding atau agar-agar ala anak kosan terbilang sangat sederhana, caranya masukkan agar agar bubuk kemudian campur dengan air, gula, susu kemudian aduk dan tunggu sampai mendidih setelah itu bisa sobat dinginkan di mangkuk atau gelas. Enteng kan ?








m.brilio.net/kuliner/10-makanan-ini-mudah-dibuat-pakai-rice-cooker
arumsha.wordpress.com
hipwee.com/tips/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar